Pages

Minggu, 22 Desember 2013

Selamat hari ibu

Assalamualaikum...

"Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia"

Pasti pada tau kan ya lagu di atas?, waktu kecil-kecil saya sering nyanyiin tu lagu. Hmmmm... Setelah nikah dan punya anak, si kayla dan ayah yang nyanyiin untuk saya. Dan perasaan saya adalah terharu dan seneng banget. Jadi ceritanya kemarin malem dikamar, kita bertiga lagi baring-baring sambil nonton. Eh dengan sangat-sangat tidak direncanakan, si kayla nyanyiin lagu kasih ibu (dengan syair yang gak hapal) trus ayah langsung bilang "oiya, ini kan hari ibu... selamat hari ibu bunda, yuk nyanyi lagi kak". 
"Kasih bunda kepada khayla, tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia" Hihihihi...seneng banget deh, walaupun cuma ngucapin selamat hari ibu pake nyanyian. Apalagi kalo kayak temen-temen saya yang anaknya udah bisa nulis tuh, wuihhh dikasih kartu ucapan hari ibu meleleh kali ya airmata saya. Hehehehe....

Kalo kita inget-inget perjuangan mama kita itu luar biasa ya, dari trimester pertama mengandung kita, mabok mual muntah lemes, trus trimester kedua agak enakan makan dan tidur, trimester ketiga mulai gak enak lagi, bawa badan berat, susah bergerak, susah tidur, jadi jelek, tapi itu semua gak ada artinya dengan kebahagiaan yang didapat setelah kita lahir. Terus setelah kita dilahirkan apakah perjuangan mama kita selesai?, malah baru dimulai tuh....

Dari menyusui kita, bangun tengah malem, pas mau solat kita yang masih bayi nangis karna pipis atau mpup, dan akhirnya mama kita menunda solat untuk gantiin popok kita. Pas makan, mama yang selalu ngabisin sisa makanan kita, dengan alasan sayang gak habis (Ini yang saya alami sekarang). Luar biasa gak sih.
Nah setelah kita agak besar, waktunya mama mendidik dan mengajarkan kita ilmu dunia dan ilmu agama, pinter kan mama kita. Gak ada satu sekolah atau buku pun yang mengajarkan bagaimana tata cara menjadi ibu yang baik. Tapi dengan naluri dan kasih sayangnya lah yang membuat para mama bisa menjaga, mendidik, mengajarkan kita.

Setelah kita beranjak remaja apakah selesai?... enggak dong, malah lebih extra mama menjaga kita. Saya pernah dengar, lebih mudah menjaga 10 anak laki-laki dari pada 1 anak permpuan. Jadi saya tau gimana hebatnya mama saya yang menjaga anak-anaknya (yang 3 orang perempuan semua). 
Sampai akhirnya saya menikah, tapi nasihat-nasihat tak pernah dilupakan kalo saya dan mama sedang bertemu, atau sedang berteleponan.

Satu kata untuk mama, "SUPER". Kebetulan mama saya ini seorang guru SD, pulang sekolah beliau masak, bersihkan rumah, nyuci, nyetrika, semua dikerjakan sendiri. Pernah saya bilang sama mama "kenapa gak pake tukang cuci aja sih ma", mama cuma bilang "selagi bisa dikerjakan sendiri mbak". Jujur, kalo saya sangat-sangat gak sanggup kayak mama gitu. Makannya kalo lagi pulang kerumah mama sebisa mungkin saya yang kerjain kerjaan rumah, mama cuma ngurusin kayla aja. Hihihihi....

Sering terpikir, apa sih yang kita bisa berikan untuk bales pengorbanan mama... jawabannya : Kebahagiaan dan keberhasilan kita berumah tangga. Itu yang mama bilang sama saya. Bukan materi atau kepentingan mama, tapi kebahagiaan kita. Terus juga pernah nih temen mama nanya sama mama saya:
T: "bu ike, udah bertahun-tahun jadi guru.. banyak dong ya emas-emasan dan hartanya"
M: "Alhamdulillah bu, anak-anak saya yang udah jadi sarjanalah emas dan harta saya"

Tuh, super gak sih. Super + mantap malahan ya.. Hihihihihi... semoga saya bisa seperti mama, yang walaupun cerewet tapi menurut saya sangat berhasil mendidik saya dari segi dunia dan akhirat.

Untuk selamanya mama adalah perempuan yang terhebat... Makasih papa ku, udah buat mama menjadi mama yang terhebat untuk sari, mega, tanti, jadi mertua yang baik untuk royhandi, opung yang luar biasa untuk khayla. We all love mama dan papa.

Allaahummagh-firlii wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shagiiraa...

selamat hari ibu mam... I love U

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sobat

 
Copyright (c) 2010 Coretan Chayi. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And Web Hosting Reviews.