Pages

Senin, 18 April 2011

DONAT KENTANG FOR MY HUBBY

Sabtu kemarin saya bingung mau ngapain, suami lagi maen futsal tinggalah saya sendiri di rumah. Daripada suntuk mendingan saya coba-coba bikin donat kentang sembari nunggu suami pulang futsal.Untung bahan - bahannya udah saya beli di pasar depan perumahan. Bahan-bahan :
  • Tepung terigu (1/2 kg)
  • Ibu roti (pengembang roti)
  • Gula halus
  • Kentang (3 biji, direbus sekulit-kulitnya lalu buang kulitnya dan haluskan)
  • Telur (4butir) di rebus ambil kuningnya saja
  • Susu bubuk (4 sendok makan)
  • Garam (dikiiiittt aja, seujung sendok)
  • Mentega
Tata caranya :
  • Tepung terigu, gula halus (kira2 aja), dan ibu roti di campur
  • Setelah itu masukkan kentang yang telas dihaluskan (harus benar2 halus, biar pas digoreng bentuknya cantik...), kuning telur yang telah direbus, dan susu bubuk.
  • Uli sampai setengah kalis
  • Terakhir masukkan garam dan mentega (dikit jg)
  • Uli sampai kalis
  • Tutup adonan dengan serbet bersih, diamkan 15 menit
  • Setelah agak mengembang buat adonan menjadi bulat2 (untuk ukuran dikira2 aja deh) diamkan setengah jam
  • Nah setelah adonan terlihat tembam buatlah bolongan ditengah2nya.
  • Tunggu beberapa menit, goreng dengan api yang kecil hingga kecoklatan.
  • Diamkan sampai donatnya dingin lalu taburi dengan gula halus boleh juga dengan coklat atau sesuai selera.
Pas mau digoreng sempet was-was juga sih, jadi gak yah ni donat.. dan alhamdulillah ternyata saya bisaaaaaaaaaaaaaaaa.... hehehe.... jadilah saya pamerkan karya saya ini kepada ibu mertua saya dan tetangga sebelah rumah saya (sambil mempererat silaturahmi juga, scara saya orang baru). wkwkwkwk....

Sebenarnya untuk takaran bahan-bahannya saya kira-kira aja, tapi yang perlu diperhatikan jangan sampai ibu roti bertemu dengan garam dan mentega karena ibu rotinya akan kalah alhasil donat kita tidak mengembang. jadinya tunggu setengah kalis barulah masukin garam dan mentega (kata mama saya) hehehe.... Selamat mencoba... ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sobat

 
Copyright (c) 2010 Coretan Chayi. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And Web Hosting Reviews.